Profil

Sambutan Direktur

Lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa sedikit membuka pintu yang selama ini menutup pembangunan desa sehingga desa tidak lagi dipandang sebelah mata. Dengan demikian, proyeksi pembangunan desa tidak lagi diabaikan sehingga diharapkan aparatur pemerintah desa dapat memahami, mengerti, dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Keinginan untuk mewujudkan Good and Clean Governance merupakan salah satu agenda pokok reformasi yang diharapkan dapat dilaksanakan secara konsisten oleh pemerintah. Untuk merealisasikan hal ini perlu unsur profesionalisme dari aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan  publik. Profesionalisme disini lebih menekankan kepada kemampuan, keterampilan, dan keahlian aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang responsif, transparan, efektif dan efisien.

Untuk mendorong terciptanya aparatur pemerintahan yang mampu, terampil dan profesional khususnya di daerah pedesaan, maka selain sumber daya manusia yang handal, dibutuhkan sarana dan prasarana penunjang seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat mendukung percepatan pembangunan dan pelaporan data-data desa yang akurat. Sebagai pemerintahan terkecil, desa sangat berperan penting bagi kemajuan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi indonesia.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa juga memberikan peluang untuk desa membangun kekuatan ekonominya melalu badan usaha milik desa atau sering disebut bumdes, yang mana badan usaha ini diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat, membuka peluang lapangan pekerjaan dan desa mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa / PADES.

Sejarah Perusahaan

Smart Desa Indonesia tercipta berawal dari keinginan salah satu foundernya untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian aparatur pemerintah khususnya pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan publik yang responsif, transparan, efektif, dan efisien. Selain itu melihat perkembangan bumdes yang ada sebagaimana fungsinya sebagai mesin pendorong perekonomian, desa membutuhkan kemampuan sdm yang baik dan mengerti dalam menjalankan sebuah badan usaha. Research and Devolepment pun dilakukan dengan langsung terjun ke sistem Pemerintahan dari Pemerintahan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga ke desa-desa baik dari pemerintah desa dan BUMDES. Pengalaman ini kami dapat dengan melihat secara langsung kebutuhan-kebutuhan dan keadaan Administrasi atau Sistem Pemerintahan, dan BUMDES yang selama ini telah digunakan dan sdm yang menjalankannya. Sampai pada akhirnya kami menyimpulkan bahwa dibutuhkannya sdm dalam pengelolaan Pemerintah desa dan BUMDES yang profesional, dan memiliki wawasan dan pola pikir yang baik, dan di dukung oleh produk atau software dengan pola yang efektif dan efisien untuk mudah dijalankan tanpa melalui prosedur yang berbelit-belit, sekaligus bagaimana cara mudah bekerja tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk belajar dan memahami sistem yang ada.

Adanya kerja sama yang kami lakukan dengan berbagai pihak membuat Software desa melangkah jauh ke depan dengan lebih cepat dan terus mengalami permintaan karena produk kami betul-betul memberikan solusi kepada sistem pemerintahan daerah sehingga lebih mudah di jalankan, transparan, efisien dan efektif. Tuntutan untuk lebih profesional dan inovatif mendorong kami untuk membangun sebuah perusahaan bernama PT. Smart Desa Indonesia yaitu Trainee, Konsultan, System dan Media sehingga mampu mewujudkan apa yang di amanatkan dalam Undang-Undang Desa.

Visi

Menjadikan desa cerdas, mandiri dan sejahtera

Misi

  • Memiliki sumber daya manusia yang handal, tertib, pintar dan bertanggung jawab.
  • Memiliki tata kelola yang baik,  SDM yang unggul dan memiliki komitmen yang tinggi.
  • Mampu mengikuti dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, software, komputerisasi melalui program edukasi.
  • Mampu berkompetisi dan daya saing dengan lembaga yang ada baik di pemerintah maupun swasta.
  • Mewujudkan smart solution integrated system melalui teknologi infomasi dan komunikasi  lewat program edukasi yang handal, efektif, efisien dan siap untuk membawa program-program yang sederhana namun sangat berguna untuk masyarakat di pedesaaan menuju  desa cerdas, desa mandiri masa kini.

Maksud & Tujuan

  1.  Terwujudnya Good and Clean Governance.
  2. Peningkatan kapasitas SDM pemerintahan Desa dan BUMDes.
  3. Mendorong terciptanya aparatur pemerintahan yang mampu.
  4. Terampil dan profesional khususnya di daerah pedesaan.
  5. Sarana dan prasarana penunjang seperti teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  6. Pembangunan dan pelaporan data-data desa yang akurat.
  7. Memberikan wacana kepada peserta tentang pendirian dan operasional BUM Desa.
  8. Memberikan wawasan pendirian dan operasional BUM Desa.
  9. Memberikan metode dan teknik pendampingan tentang pendirian dan operasional BUMDesa.
  10. Development (pengembangan ekonomi desa) dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan desa.

Struktur

PITROKI

PITROKI

Komisaris
ADI RAHMATSAH PUTRA, S.Kom, M.M

ADI RAHMATSAH PUTRA, S.Kom, M.M

Direktur Utama
ANGGUN LIMARTA

ANGGUN LIMARTA

Staff Officer
MARIO DWI SAPUTRA

MARIO DWI SAPUTRA

Staff Officer