Desa Wisata Kubu Gadang

Berbagai Inovasi baru dimasa kepemimpinan Walikota Fadly Amran Dt. Paduko Malano terus dimunculkan di Kota Padang Panjang. Kali ini Desa Wisata Kubu Gadang, yang berlokasi di Jalan Haji Miskin, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padangpanjang Timur, melaunching peluncuran Pasar Digital Desa Wisata Kubu Gadang, Minggu (28/10).

Inisiator pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zen kepada wartawan mengatakan, hadirnya konsep wisata tersebut diharapkan akan membuka peluang bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang untuk menarik lebih banyak wisatawan ke daerah ini.

“Kita sedang berusaha menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung kesini dan untuk hal ini kita bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Padangpanjang untuk membuat pasar digital ini,” ucap Yuliza.

Yuliza mengatakan, pasar digital ini merupakan sebuah konsep wisata dimana suatu lokasi ditata sehingga akan menjadi objek yang menarik yang dapat dipromosikan serta diviralkan nantinya di dunia maya.

“Disini kita menawarkan paduan keelokan alam berupa hamparan sawah, atraksi budaya hingga kuliner tradisional. Dan saat Kementerian Pariwisata kita ajak ke Kubu Gadang, mereka melihat pemandangan hamparan sawah di sini, mereka menilai hal ini bisa punya nilai jual besar sebagai tujuan wisata. Dan kita disini langsung ditawarkannya sebagai pasar digital,” ujar Yuliza menjelaskan.

Menjelang peluncuran Pasar Digital Kubu Gadang, Yuliza mengatakan, bahwa sampai saat ini, warga sekitar tengah melakukan persiapan untuk menambah spot-spot foto yang bagus dan tentunya menarik. Saat ini, Kubu Gadang sudah memiliki 15 spot foto menarik untuk mendukung desa wisata sebagai destinasi digital.

“Ditunjuk menjadi destinasi digital merupakan sebuah peluang yang bagus bagi Padangpanjang. Kita berharap Kota Padangpanjang ini tidak hanya sebagai perlintasan saja melainkan menjadi tempat untuk pengunjung singgah menikmati wisata di sini serta tidak lupa berbelanja produk industri kreatif Kota Padangpanjang sendiri,” paparnya.

Beni Satria, selaku pihak penyelenggara launching pasar digital Desa Wisata Kubu Gadang, menyebutkan ada beberapa event dan momen yang disuguhkan pada hari minggu ini di Kubu Gadang, dengan nuansa kreasi asli ‘Minang saisuak.’

Dibeberkanya, diantara suguhan unik tersebut yakni; mendapatkan momen terindah masa ‘ketek doeloe,’ kemudian mencicipi kuliner ‘saisuak’ dan menjadi saksi bahwa budaya kita kaya, laku balanja dengan menggunakan ‘pitih lamo’ versi anak muda kreatif, kemudian berlibur di nagari sendiri, serta ada pula objek selfi-selfi dengan view alami dan natural yang menarik tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *