Nagari Pariangan Minangkabau Sumatera Barat

Mungkin sedikit dari kita yang tahu tentang sebuah perkampungan dilereng gunung Merapi yaitu Desa Pariangan yang berada di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Travel Budget, sebuah media pariwisata berpengaruh di dunia, menjatuhkan pilihan pada Nagari Pariangan sebagai Desa terindah di dunia.

Banyak kriteria dalam menjatuhkan pilihan, di antaranya keasrian dan warisan leluhur yang masih terjaga apik, yang menjadi ciri dan identitas budaya Sumatera Barat.

Perkampungan di lereng Gunung Marapi nan sejuk ini mampu bersanding dengan keindahan Desa Wengen dari Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, serta Desa Cesky Krumlov dari Republik Ceko.

Kabar ini sebetulnya muncul dan dirilis seluruh media beberapa tahun silam, namun dampaknya baru terasa sekarang. Nagari Pariangan belakangan semakin banyak dikunjungi pendatang. Tak hanya turis lokal, tapi turis dari mancanegarea pun kerap mampir di sini.

Saat pelaksanaan Tour de Singkarak — event balap sepeda internasional– misalnya, Nagari Pariangan ini tak luput menjadi salah satu destinasi mereka.

Nagari Pariangan dapat ditempuh sekitar tiga jam dari Padang, Ibu Kota Propinsi Sumatera Barat. Lokasi ini berjarak sekitar 14 km dari Kota Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar.

Di desa ini terkenal akan kopi Kawa, kopi yang merupakan kopi tradisional dari desa ini dengan disajikan oleh batok kelapa.

Ayo berkunjung ke Desa terindah Pariangan

1 Komentar pada “Desa Terindah, Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *